Ikan Hias Aquascape Yang Paling Cocok Kamu Pelihara

Merawat ikan hias aquascape merupakan salah satu kegemaran yang mengasyikan. Banyak orang meminati hobi ini yang ternyata tidak bisa kita pisahkan dengan seni aquascape.

Apabila kamu belum mengetahui apa itu aquascape. Kali ini, saya akan memberikan gambaran sedikit. Aquascape merupakan salah satu seni mengatur beberapa benda di dalam akuarium. Misalnya, batu, kayu, dan karang. Aktivitas ini sangat menyenangkan, karena kamu dapat menuangkan ide mendekorasi suasana hutan, atau sungai di dalam akuarium tersebut.

Untuk lebih mempercantik akuarium ini, kamu bisa menambahkan beberapa ikan berukuran kecil sampai sedang dengan corak menarik. Tidak hanya harus cantik, perhatikan lagi apakah ikan yang kamu pelihara dapat bertahan hidup atau tidak?

Beberapa Jenis Ikan Hias Aquascape yang Paling Cocok Kamu Pelihara

Pada artikel kali ini, kita akan mengetahui beberapa jenis ikan hias aquascape yang bisa kamu pelihara. Beberapa ikan ini mempunyai ukuran kecil sampai sedang dengan corak yang cantik.

Neon Tetra

Neon tetra merupakan jenis ikan hias posisi paling atas yang banyak orang pelihara di dalam aquascape. Hal tersebut karena ikan ini mempunyai semua yang diperlukan oleh akuarium tersebut.

ikan hias aquascape cardinal tetra
cardinal Tetra

Asal Mula Ikan Neon Tetra

Ikan neon tetra adalah suatu jenis ikan hias cantik yang hidup dalam air tawar. Asal mula ikan ini dari perairan Amerika Selatan atau tepatnya di sekitar lembah Amazon.

Nama latin ikan ini adalah paracheirodon innesi . Hal itu berarti  tetra merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang berasal dari jenis characin.

Ciri Ikan Neon Tetra

Ciri ikan tetra yaitu mempunyai badan kecil sekitar 4 – 5 cm. Sedangkan, ciri menonjol lainnya, memiliki warna bersinar. Sehingga ikan ini bisa terlihat walaupun berada di ruang gelap.

Bagian tubuh neon tetra mempunyai warna coklat kemerahan. Dengan punggung berwarna lebih gelap. Perut neon tetra terlihat berwarna perak serta garis membentang pada bagian belakang mata sampai ekor.

Cara Memelihara Ikan Neon Tetra Dalam Akuarium?

Setelah mengetahui asal dan ciri neon tetra. Kamu harus mengetahui bagaimana cara merawat ikan satu ini.

Sebetulnya, tetra tidak terlalu membutuhkan penanganan khusus . Kamu hanya harus menyiapkan akuarium berukuran lumayan luas atau dapat tergantung dari berapa banyak ikan yang akan kamu pelihara.

Tidak lupa pasang filter supaya nampak bersih dan cantik. Filter merupakan bagian penting. Bisa kamu bayangkan, jika air akuarium keruh, maka bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit merugikan untuk aquascape atau ikan yang kamu miliki.

Sesuai dengan habitat aslinya, neon tetra biasa hidup dalam lingkungan gelap di antara akar-akar pohon atau tanaman yang ada di sungai. Nah, untuk menyisati supaya betah, pilihan terbaik yaitu menambahkan beberapa tanaman, batu dari sungai, atau mendesain mirip sungai. Dengan begitu, ikan dapat berlindung seperti kebiasaan yang dilakukan pada tempat tinggalnya semula.

Jenis Makanan Ikan Neon Tetra

  1. Cacing Darah

Cacing darah merupakan makanan alami yang sangat baik bagi pertumbungan ikan ini. Disamping itu, pakan ini bisa membuat mereka lebih cantik. Untuk mendapatkan makanan tersebut cukup mudah koq. Kamu bisa memperolehnya di toko ikan hias di kota kamu.

  • Cacing Sutra

Cacing sutra mempunyai kandungan protein sangat baik. Kandungan tersebut dapat membantu pertumbuhan tetra sehingga lebih cepat besar.

  • Jenis Makanan Pabrikan / Pakan Buatan

Berikut ini adalah beberapa pakan buatan yang cocok kamu berikan:

  • Tetra Bits

Tetra Bits adalah merk pakan ikan hias yang bagus. Terutama untuk ikan neon tetra. Bentuk, aroma, ataupun warna pakan ini telah menggunakan kualitas terbaik.

  • Xtera

Pakan ini berguna untuk mempercantik dan keagresifan ikan itu sendiri.

Tips Memberi Pakan Ikan Neon Tetra

Ketika memberikan pakan. Berilah makanan sesuai dengan usianya. Apabila tetra masih kecil atau masih berbentuk burayak, sebaiknya memberi makanan seperti cacing sutra.

Namun, setelah usianya cukup dewasa, kamu bisa memberikan pakan alami ataupun pabrikan.

Perhatikan saat memberinya makan. Jangan terlalu berlebihan. Sebab, tidak hanya bisa membuat akuarium cepat kotor,dan dapat menimbulkan berbagai penyakit.  Memberikan pakan ikan hias aquascape terlalu berlebihan bisa memberikan resiko gangguan kesehatan terhadap ikan tersebut. Ikan cukup makan 2 kali sehari.

Ikan Rasbora

Ikan Rasbora termasuk jenis ikan hias air tawar yang memiliki ukuran tubuh kecil. Dimana, dia menyukai hidup bersamaan dengan jenisnya.

Asal mula ikan ini dari perairan Asia Tenggara. Pada daerah tersebut meliputi beberapa sungai yang ada di negara Malaysia, Brunei, dan juga Myanmar.

Ikan hias aquascape Rasbora Harlequin
Rasbora Harlequin

Ikan rasbora mempunyai warna mencolok yang indah sehingga nampak menawan ketika kita lihat di dalam aquscape.

Kebiasaan yang senang hidup berkelompok inilah sebaiknya memelihara Rasbora dalam jumlah banyak atau lebih dari 5 ekor.

Meskipun, kamu pelihara dengan jumlah  banyak. Rasbora dapat kita kategorikan sebagai ikan tenang dan damai. Dengan begitu, kamu dapat mengkombinasikan ikan ini dengan jenis ikan tetra.

Hanya saja, perlu kamu ketahui jika salah mencampurkan dengan jenis ikan lain yang lebih ganas. Seperti, louhan. Maka, bisa berbahaya untuk rasbora yang cantik ini.

Merawat Ikan Rasbora

Untuk merawat ikan rasbora tidak terlalu sulit. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang tidak repot dan mudah dalam memeliharanya, walaupun kamu kombinasikan dengan jenis ikan lain.

Suhu ideal yang mereka butuhkan sekitar 24 – 27 derajat celcius dengan 6,5 – 7,5 PH air.

Kamu bisa menggunakan beberapa jenis tanaman, supaya akuarium lebih cantik dan membuat habitat di dalamnya nyaman.

Ikan Hias Aquascape Livebearer

Ikan hias livebearer terdiri dari 4 jenis. Diantaranya, Platies, Molly, Guppy, dan Swordtail. Ikan tersebut sangat cocok tinggal dalam aquascape.

Selain itu, livebearer termasuk ke dalam jenis ikan yang mudah berkembak biak. Sebab, tidak berkembang biak dengan mengeluarkan telur. Namun, langsung melahirkan bayi ikan dengan sempurna.

Bahkan, setelah bayi ikan livebearer lahir. Mereka bisa berenang dan mencari makan sendiri. Selain itu, ikan hias aquascape livebearer bisa melahirkan mencapai puluhan bayi ikan.

Untuk memperjelas mengenai ikan livebearer. Mari kita bahas jenisnya satu persatu.

Jenis-jenis Ikan Livebearer

Beberapa Jenis ikan livebearer apa saja yang cocok dirawat didalam aquascape?

  1. Ikan Guppy

Ikan Guppy mempunyai corak dan warna menarik. Sehingga mereka disukai para pecinta ikan hias. Harga yang mereka tawarkan mulai dari belasan ribu sampai ratusan ribu untuk jenis albino.

Ikan ini termasuk salah satu jenis ikan air tawar paling populer dengan ekor mempesona. Selain karena indah, Guppy mempunyai keunikan lain.

Asal Mula Ikan Guppy

Pernahkah kamu berpikir kenapa ikan Guppy mempunyai nama yang lucu? Ternyata, di balik kelucuan nama ikan ini, Guppy diambil dari nama penemunya lho.

Beliau adalah Bapak Robert John Lechmere Guppy. Ikannya sendiri berasal dari Amerika Selatan dan Tengah. Pada sekitar tahun 1920-an, Guppy hidup bebas di perairan Indonesia. Itulah awal mulanya ikan ini masuk ke negara Indonesia.

Jika tertarik mengembangbiakkan ikan hias. Ikan ini dapat menjadi referensi yang cocok. Sebab, setiap kali melahirkan, ikan Guppy bisa menghasilkan 100 – 200 bayi ikan. Dalam waktu 3 bulan sudah bisa berkembangbiak dengan cepat. Itulah alasan ikan Guppy disebut sebagai millionfish.

Namun sayangnya, setelah induk ikan melahirkan, harus segera dipisahkan. Sebab, anak-anaknya bisa mendapatkan ancaman kepunahan oleh induknya sendiri  yang bertujuan menghindari kepadatan habitat mereka.

Jadi, jika induk melahirkan. Segera pindahkan anak-anaknya pada tempat berbeda. Biarkan mereka hidup dan tumbuh besar sampai berukuran sama dengan ikan Guppy lain.

  • Ikan Molly

Ikan Molly tidak kalah populer dengan ikan hias aquascape lain. Masyarakat Indonesia mengenal ikan ini dengan sebutan ikan balon.

Dengan nama latin Poecilia Sp, Ikan Molly mempunyai badan kecil dengan perut buncit. Itulah, hal yang membuat ikan ini cantik, dan unik.

Untuk pecinta aquascape, Molly menjadi salah satu pilihan ikan hias terbaik untuk mempercantik akuarium kamu. Untuk memperoleh ikan ini juga tidak sulit. Kamu bisa mudah memperolehnya di toko ikan hias dengan harga yang relatif terjangkau.

Asal Mula Ikan Molly

Ikan molly berasal dari Meksiko. Di negera asalnya sendiri, ikan ini masih menjadi menu makanan yang biasa meraka konsumsi. Namun, warnanya yang beraneka ragam dan cantik membuat ikan Molly masuk ke dalam salah satu jenis ikan hias.

Molly fish juga mempunyai banyak jenis lho. Diantaranya yaitu:

  • Black Sailfin
  • Wild Green Sailfin
  • Yucatan
  • Silver Sailfin
  • Dalmation Sailfin
  • Marble Sailfin
  • Chocolate Sailfin
  • Tangerine Sailfin
  • Liberty
  • Broadspotted
  • Common
  • Atlantic
  • Marble Lyretail
  • Platinum Lyretail
  • Black Lyretail
  • Hybrid

Itulah, jenis ikan Molly yang beredar di pasaran. Untuk memperoleh ikan tersebut sangat terjangkau yaitu sekitar 1.500 – 3.000/ ekor.

  • Ikan Platy

Ikan hias aquascape yang banyak disukai pecintanya yaitu ikan Platy. Ikan ini juga mudah untuk dikembangbiakkan. Seperti ikan lain yang sudah saya bahas di atas.

Ciri Ikan Platy

Ikan Platy rata-rata mempunyai ukuran 4-5 cm. Biasanya, ukuran betina lebih besar dibanding jantan. Ikan yang mempunyai badan gemuk, pendek, serta ekor lebar dan kuat ini merupakan salah satu jenis ikan favorit pecinta ikan hias atau aquscape pemula ataupun senior.

Hanya saja, induk ikan Platy bisa memangsa anak-anaknya sendiri. Apalagi disekitar mereka tidak terdapat makanan. Sifat yang ada dalam ikan ini memang sulit untuk kita hilangkan. Oleh karena itu, kamu perlu menyiasatinya sendiri dengan segera memisahkan anak-anak ikan dengan induknya setelah melahirkan.

  • Ikan Sword Tail

Ikan sword tail biasa disebut dengan ikan pedang. Ikan dari spesies air tawar keluarga Poecillidae. Sword Tail berasal dari negera bagian Amerika Tengah dan Utara. Di daerah asalnya, mereka hidup mulai dari sungai kecil sampai sungai besar yang dipenuhi tanaman.

Ikan yang berasal dari jenis Livebearer berkembangbiak dengan cara langsung melahirkan. Mereka menyimpan telurnya di dalam perut.

Ketika tinggal di akuarium, mereka bisa hidup hingga 5 tahun. Namun, jika tempatnya sehat, sword tail bisa hidup lebih lama lagi.

  • Ikan Anablepidae

Jenis ikan hias aquascape livebearer selanjutnya yaitu Anablepidae. Ikan ini sangat unik, karena mempunyai mata berbeda dengan jenis ikan lain.

Beberapa orang memanggilnya dengan ikan mata empat. Walaupun demikian, ikan Anablepidae hanya mempunyai dua mata saja. Kedua mata yang dia miliki mampu beradaptasi dengan baik sehingga bisa melihat dua arah sekaligus yaitu melihat di dalam air dan melihat di atas permukaan air. Ikan yang benar-benar unik bukan? Itulah, alasan kenapa Anablepidae disebut sebagai ikan empat mata.

Mungkin itu saja untuk artikel kali ini. Kita berjumpa lagi pada pembahasan mengenai ikan selanjutnya ya? Semoga bermanfaat. Terimakasih.