Ikan Hias Kecil Paling Populer Saat Ini

Selain kucing, ikan juga bisa menjadi hewan peliharaan di rumah. Banyak orang menggunakan ikan hias kecil sebagai hewan peliharaan yang bisa mempercantik akuarium terlihat lebih cantik. Nah, apakah Anda mempunyai rencana memebeli jenis ikan hias kecil? Sebelumnya, simak artikel ini sampai tuntas ya.

Memelihara ikan hias dapat membuat perasaan lebih rileks apalagi setelah Anda bekerja atau melakukan aktivitas seharian yang kadang membuat stres. Selain menjadi hewan peliharaaan, ikan hias juga dapat mempercantik suasana di dalam rumah  menjadi lebih nyaman.

Jenis Ikan Hias Kecil Paling Populer

Jika Anda kurang menyukai hewan peliharaan mamalia atau berbulu, saatnya memelihara ikan hias kecil air tawar yang bisa membuat Anda rileks. Mau tau jenis ikan hias kecil apa saja yang lagi trend saat ini? langsung saja kita simak ulasan berikut ini:

Ikan Cupang

Berbicara mengenai ikan cupang, beberapa waktu lalu ikan ini pernah trend di kalangan para selebriti tanah air. Mungkin Anda penasaran apa sih yang membuat Cupang banyak penggemarnya?

Ikan cupang atau dalam bahasa ilmiah bernama Beta splendens mempunyai warna beraneka ragam yaitu merah, biru, coklat, kuning, abu, putih dan hijau. Ekornya yang gemulai membuat banyak orang kepincut.

Namun, ikan ini sebaiknya tidak berada pada satu tempat dengan ikan lain, karena ikan-ikan tersebut akan saling menyerang.

Ikan Neon Tetra

Apabila anda memiliki aquascape atau ingin mencoba mendesain akuarium alami, Neon Tetra bisa menjadi salah satu ikan hias kecil paling cocok Anda gunakan.

Peliharaan mungil ini sangat mudah untuk Anda rawat apalagi warna warninya yang cerah dengan pijar neon ketika terkena lampu bisa membuat stres hilang dan tenang.

Ikan Botia

Peliharaan kecil lainnya yaitu ikan Botia. Dia suka berkelompok dan ukurannya kecil sehingga ukuran akuariumnya juga tidak perlu terlalu besar.

Ciri ikannya sendiri memiliki sisik tipis. Walaupun kecil, namun Botia cukup rakus lho. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan intensitas pemberian makanannya.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah sebaiknya tidak memelihara ikan ini dengan jenis ikan lain karena Botia cenderung agresif.

Ikan Komet

Jenis ikan hias kecil selanjutnya yaitu ikan komet. Ikan ini cukup banyak diminati sebagai salah ikan hias akuarium di dalam rumah.

Jika Anda perhatikan, ikan ini mirip dengan ikan mas koi. Pasalnya, Komet juga memiliki ekor panjang dan melebar berwarna putih mirip ikan koi.

Ikan Komet sendiri masih memiliki kekerabatan dengan mas koki. Meskipun memiliki beragam pola, namun sebagian besar berwarna kuning kombinasi putih, dan kemerahan.

Untuk memastikan ikan ini sehat tidak terkena virus atau penyakit, jaga kebersihan di lingkungan akuariumnya.

Ikan Molly

Sering disebut dengan ikan balon, karena Molly mempunyai perut buncit dengan tubuh bundar.

Ikan ini cocok menjadi ikan hias di dalam akuarium karena memiliki sifat cinta damai atau adaptif. Dengan begitu, Anda bisa mencampur Molly dengan jenis ikan hias kecil lainnya.

Ikan Platy

Ikan hias kecil selanjutnya yang cocok menghiasi akuarium Anda yaitu ikan Platy. Jenis ini memiliki banyak ragamnya. Sama seperti Molly, Platy juga cinta damai. Itu pula yang menjadi faktor terbesar banyak orang memilih ikan mungil Platy sebagai salah satu ikan hias mereka.

Warna ikan platy biasanya tersedia dalam berbagai jenis warna, bahkan hampir semua warna. Mereka termasuk jenis ikan hebat, bahkan dapat hidup damai dengan jenis Molly dalam satu akuarium. Sehingga, akuarium Anda akan terlihat lebih beragam dan tidak perlu khawatir akan saling berebut.

Ikan Gupi

Selain mudah untuk Anda pelihara, harga ikan Gupi lokal juga terjangkau. Warnanya sangat variatif karena merupakan hasil perkawinan antar peternak.

Jika Anda ingin memelihara Gupi, pastikan memperhatikan PH air yang segar dan seimbang di dalam akuarium. Anda harus sesegera mungkin mengganti air akuarium, apabila ikan terlihat malas dan kurang aktif.

Ikan Koki

Siapa sih yang tidak mengenal ikan satu ini iya kan? Koki merupakan jenis ikan hias kecil paling populer di Indonesia, apalagi di kalangan pecinta ikan hias. Koki memiliki ciri perut buncit dengan warna cerah cantik sehingga membuat orang suka melihatnya.

Walaupun terbilang ikan hias yang populer, namun Koki dibanderol dengan harg cukup terjangkau. Sedangkan jenis koki yang unik bisa mencapai ratusan ribu rupiah per ekornya.

Ikan Peacock Bass

Jika Anda ingin membuat akuarium dengan tampilan yang berbeda, coba menggunakan ikan hias jenis ini yaitu peacock bass.

Peacock Bass merupakan jenis ikan hias predator namun memiliki warna dan corak yang menarik. Supaya ikan tidak stress, rawat di dalam akuarium secara berkelompok.

Itulah beberapa jenis ikan hias kecil yang populer saat ini. Bagaimana, apakah Anda sudah menentukan ikan mana yang akan Anda pelihara pada akuarium di rumah? Jenis ikan hias apapun, Anda harus memberikan meraka makan tepat waktu, dan menjaga kualitas airnya supaya ikan hidup awet di dalam akuarium.