Inilah Perbedaan Serai Wangi Dengan Serai Biasa

Walaupun mempunyai nama dan juga bentuk yang hampir sama. Antara serai wangi ataupun serai biasa memiliki ciri dan juga kegunaan yang berbeda. Jadi jika kita lihat sekilas memang keduanya sama-sama memiliki daun ramping, tajam, dan juga panjang dengan aroma yang khas.

Pengertian serai biasa sendiri biasa dikenal masyarakat Indonesia sebagai bumbu dapur dengan aroma yang tidak terlalu tajam. Namun untuk serai wangi berbeda, karena aroma yang dimilikinya lebih tajam dibanding serai biasa.

Nah, jika kamu masih bingung dengan kedua perbedaan tanaman ini yaitu serai biasa dengan serai wangi. Mari kita simak artikelnya sampai tuntas ya!

Perbedaan Serai biasa Dengan Serai Wangi

Apabila diperhatikan mengenai perbedaan paling mencolok antara serai biasa dengan serai wangi yaitu serai wangi mempunyai batang yang lebih langsing dengan aroma lebih tajam sehingga biasa digunakan sebagai sabun ataupun minyak pengusir nyamuk.

Namun serai biasa atau serai bumbu mempunyai bentuk batang yang lebih besar dan berisi dibanding serai wangi. Aroma yang dimiliki serai bumbu pun tidak telalu tajam dengan rasa sedikit pahit. Walaupun demikian, serai bumbu cocok dijadikan pelengkap bumbu masakan. Seperti pada nasi liwet, ayam goreng, bahkan pelengkap pembuat sambal.

Bagaimana Perbedaan Akar Antara Serai Wangi Dengan Serai Biasa?

Perlu kamu ketahui serai biasa dengan serai wangi hampir memiliki kesamaan, sehingga akan sulit untuk membedakannya. Walaupun demikian, kamu tidak perlu khawatir, karena kamu dapat membedakan antara kedua tanaman ini dari bagaimana akar atau bawah tanaman serainya.

Bagian bawah tanaman serai wangi memiliki warna kemerahan, sedangkan pada serai biasanya memiliki dominasi warna hijau dan juga putih. Disamping itu, serai wangi pun mempunyai daun yang lebih besar dibandingkan dengan serai bumbu. Nah, perbedaan inilah yang bisa memudahkan kita menemukan serai wangi dan serai biasa.

Kandungan Pada Serai Wangi Dan Serai Biasa

Serai wangi mempunyai kandungan citronella oil dengan konsentrasi fitkimia dan okisidan. Citronella oil sendiri mempunyai sifat yang anti jamur, anti septik, dan anirmikroba.

Sedangkan serai biasa memiliki kandungan sitral dengan aroma khas yang cocok digunakan sebagai bumbu masakan. Serai biasa mempunyai aroma khas yang dapat menyedapkan masakan.

Dengan kegunaan serai wangi tersebut. Beberapa tahun belakangan ini, kandungan citronella oil dijadikan sebagai minyak atsiri sebagai salah satu potensi industri. Serai jenis ini tidak sulit untuk dibudidayakan dan juga tidak membutuhkan perawatan yang khusus, sehingga siapapun bisa mengembangkannya dan membuat peluang usaha yang menjanjikan.

Adanya minyak astiri yang dibuat dari penyulingan serai wangi mampu mencipatakan lapangan kerja. Dimana hasilnya pun beguna untuk industri lain. Seperti kesehatan dan juga kecantikan.

Jika kamu ingin memperoleh serai wangi dengan serai biasanya. Kamu akan menemukan perbedaan lainnya. Serai biasa akan mudah untuk kita temukan dipasar dengan harga yang terjangkau. Namun sebaliknya untuk harga serai wangi tergolong lebih mahal yaitu serkitar 300 ribu lebih per kilonya. Oleh karena itulah, tidak ada salahnya kamu mencoba membudiyakan tanaman serai ini karena memiliki banyak yang banyak dicari orang.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai perbedaan serai wangi dengan serai biasa. Setelah mengetahui kedua perbedaan tersebut. Kamu tidak akan salah lagi membedakannya kedua tanaman ini iya kan? Semoga artikelnya bermanfaat. Sampai jumpa lagi pada artikel-arikel selanjutnya.