Manfaat Dan Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua Paling Kumplit

Ketika kamu mendengar nama dari tanaman ini mungkin bagi sebagian akan sedikit menyeramkan. Namun apakah kamu mengetahui jika jenis tanaman yang akan saya bahas ini dapat membuat sudut rumah rumah menjadi cantik? Ya, tanaman tersebut adalah lidah mertua. Tanama lidah mertua merupakan salah satu jenis tanaman hias yang biasanya mengiasi pekarangan rumah. Selain menjadi favorit bagi pada pecinta bunga hias, ternyata tanaman ini juga mempunyai banyak manfaatnya. Mau tau manfaat apa saja yang ada dalam tanaman ini? Yuk, langsung kita simak ulasannya berikut ini.

Beberapa Keunggulan Tanaman Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua atau dengan nama latin Sansevieria merupakan salah satu tanaman hias yang bisa tumbuh subur di daerah tropis. Sedangkan awal kemunculannya sendiri yaitu ditemukann di sekitar Afrika Barat dan tidak lama langsung menyebar di beberapa negara tropis lainnya. Dengan jenis tanaman yang bisa tumbuh subur di daerah tropis inilah membuat kamu lebih mudah untuk merawatnya sebagai tanaman hias. Selain karena mudah untuk merawatnya, berikut ini adalah beberapa manfaat lain yang dapat kamu peroleh saat merawat tanaman lidah mertua:

  1. Dapat Mengilangkan Racun Yang Diakibatkan Dari Polusi Ruangan

Keunggulan pertama dari tanaman lidah mertua yaitu bisa menghilangkan racun akibat polusi dari udara. Tanaman ini dipercaya bisa menyerap beberapa zat seperti karbon dioksida, zat yang bisa menyebabkan kanker, benzene, dan beberapa zat berbahaya lainnya.

Dengan kemampuan itulah, tanaman lidah mertua juga bisa membantu tubuh kita dari alergi yang disebabkan karena udara yang kotor.

  • Membuat Perasaan Menjadi Lebih Bahagia

Manfaat kedua yang dapat kita peroleh yaitu bisa menimbulkan perasaan menjadi lebih bahagia. Jadi saat kita meletakkan tanaman ini disekitar tempat kita bekerja atau dilingkungan rumah kita. Kamu bisa merasakan akan munculnya perasaan bahagia ketika kamu melihatnya. Nah, hal itu juga yang membuat resiko depresi menjadi menurun.

Disamping itu, tanaman lidah mertua juga bisa lho membuat menjadi lebih produktif dalam bekerja. Hal ini karena efek yang akan di timbulkan yaitu dapat meningkatkan daya ingat dan juga konsentrasi. Bagaimana menarik bukan?

  • Dapat Menjadi Filter Didalam Ruangan

Ketika kamu meletakkan tanaman lidah mertua ini disekitar lingkungan rumah, maka kamu akan memperoleh manfaat lain seperti bisa menjadi filter atau penyaring udara pada ruangan tersebut. Hal ini dikarenakan saat malam hari, tanaman lidah mertua bisa mengubah zat karbon dioksida berubah menjadi oksigen.

Nah, karena hal itulah yang menjadikan udara yang ada disekitar ruangan tersebut menjadi lebih bersih dan membuat udara disekeliling kita menjadi lebih ideal.

  • Bisa Membuat Ruangan Sekitar Menjadi Lebih Lembab

Ketika kita tinggal didaerah dengan cuaca yang kering. Sebaiknya mempertimbangkan memiliki tanaman hias. Salah satu yang menjadi rekomendasi penulis yaitu tanaman hias jenis lidah mertua yang bisa kamu jadikan sebagai hiasan didalam rumah.

Tanaman ini dapat membuat suasa didalam rumah menjadi lebih lembab, sehingga kamu dapat terhindar dari beberapa penyakit. Misalnya: pilek, kulit kering, atau sakit tenggorokan.

  • Mengurangi Stres

Manfaat selanjutnya yang bisa diperoleh dari tanaman hias lidah mertua yaitu bisa mengurangi stres. Kamu bisa mencoba meletakkan tanaman lidah mertua ini untuk mempercantik ruangan. Dengan meletakkannya dirumah atau tempat kerja, maka bisa meredakkan stres yang sedang dialami.  Dengan adanya tananaman ini bisa memberikan efek tenang yang bisa membantu kamu melakukan sesuatu walaupun penuh dengan tekanan.

Itulah kelima manfaat tanaman lidah mertua yang penting untuk diketahui. Bagaimana tertarik untuk memiliki tanaman tersebut? Pastikan mengetahui bagaimana cara merawat tanaman lidah mertua tersebut yang akan saya bahas berikut ini.

Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua Supaya Tetap Cantik

Tanaman lidah mertua merupakan salah satu jenis tanaman hias yang tengah populer di kalangan masyarakat kita. Dimana tanaman ini banyak dipelihara oleh banyak orang karena bentuk dan juga cara merawatnya yang terbilang cukup mudah. Selain itu, ternyata tanaman lidah mertua inipun menyimpan banyak manfaat seperti yang sudah saya bahas diatas.

Baiklah, sekarang langsung saja kita simak ulasan bagaimana cara merawat tanaman lidah mertua supaya bisa tetap cantik berikut ini:

  1. Berikan Sinar Matahari Yang Cukup

Untuk merawat tanaman lidah mertua yang pertama yaitu kita harus memastikan jika tanaman tersebut sudah diberikan sinar matahari yang cukup. Hal ini bisa dilakukan supaya tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik. Walaupun kamu menyimpan tanaman ini di daerah yang redup, tetapi kamu harus tetap memperhatikan asupan sinar matahari yang masuk pada tanaman ini.

Caranya bisa dengan meletakkan tanaman lidah mertua didekat jendela atau kaca yang bisa memungkinan sinar matahari masuk. Kamu juga bisa sesekali menjemurnya. Misal dua hari sekali. Namun jangan menjemur tanaman ini terlalu lama, sebab tanaman lidah mertua salah satu jenis tanaman yang mudah terbakat. Jika kamu rasa waktu untuk menjemurnya cukup, kamu dapat  meletakkannya kembali ditempat semula.

  • Gunakan Pupuk Organik

Cara merawat tanaman lidah mertua kedua yaitu dengan menggunakan pupuk organik. Penggunaan pupuk organik ini dapat membuat tanaman lidah mertua kamu akan tumbuh dengan baik. Pupuk organik lebih baik digunakan untuk tanaman lidah mertua dibandingkan dengan pupuk cair.

Kenapa pupuk organik lebih baik digunakan? Sebab pupuk ini dapat terurai dengan rentan waktu yang lumayan lama. Sehingga lebih cocok digunakan untuk tanaman lidah mertua yang kurang cocok dengan kondisi yang lembab. Kamu dapat memberikan pupuk untuk tanaman lidah mertua yang kamu rawat supaya tanamannnya tidak menjadi layu karena kekurangan nutrisi.

  • Menyiram Tanaman Lidah Mertua Dua Kali Seminggu

Cara selanjutnya yaitu pastikan untuk menyiramnya dua kali seminggu. Hal ini karena tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman golongan sukulen. Artinya tanaman ini tidak terlalu membutuhkan banyak air untuk bertahan pada kondisi panas, walaupun persediaan air yang dimilikinya sedikit. Jadi jika kamu terlalu sering menyiram tanaman ini, maka akan membuatnya menjadi lebih cepat membusuk dan akhirnya mati.

  • Menggunakan Media Yang Lebih Cepat Meresap Air

Untuk merawat tanaman keempat yang dapat dilakukan yaitu bagaimana kamu menggunakan media tanam yang benar. Pastikan menggunakan media yang cepat meresap air. Hal ini biasanya merupakan masalah paling utama kenapa tanaman lidah mertua menjadi mati atau busuk.

Akar yang cepat busuk dikarenakan kondisi tanah yang yang kurang kering sehingga menyebabkan akar menjadi lebih lama terendam air. Dengan begitu, kamu kamu menggunakan media tanam yang bisa cepat mersap air untuk tanaman ini. Seperti pasir malang, pakis atau sekam bakar.

  • Membersihkan Dari Gulma

Cara merawat tanaman lidah mertua kelima yaitu dengan membersihkan tanaman tersebut dari gulma. Cara membersihkannya pun cukup mudah. Yaitu kamu bisa menggunakan semprotan anti hama atau gulma supaya terhindar dari beberapa masalah yang mungkin akan muncul.

Selain itu, kamu juga dapat membersihkannya dari rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman ini. Dengan kondisi tanah yang bersih, dan juga tidak ada gangguan gulma membuat lingkungan yang ada dalam tanaman lidah mertua menjadi subur. Sehingga kamu dapat memperoleh tanaman seperti yang kamu harapkan.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai beberapa manfaat dan juga cara merawat tanaman lidah mertua yang perlu kamu ketahui sebelum merawatnya. Semoga bermanfaat. Sampai juga lagi pada artikel-artikel saya selanjutnya.